Saturday, 21 December 2024

Things students do that I actually question

Disclaimer
1 Ini mostly opini pribadi ya, berdasarkan pengalaman dan pemahaman otak saya yang kapasitasnya terbatas dan konslet-konsletan ini. I might be right or wrong, or partially right and wrong, and that's just the way it is.
2 Biasanya pertanyaan-pertanyaan ini akan di'rasionalisasi' dengan "Ah emang otak guweh kan dari dulu ga terlalu menstrim, jadi kayanya yang concern kaya ginian aku aja. Even my peers in my era don't think that way, apalagi mahasiswa-mahasiswa yang beda era atau beda usia"


Gotta say saya tu lumayan telat ya belajarnya dalam hal mencermati cara orang di sekitar saya belajar. Kayanya saya baru mulai notice tipis-tipis tentang hal ini tu waktu jadi residen. Sepertinya itu terjadi karena di zaman S1 dulu, main concern saya adalah nyanyi dan belajar sebanyak-banyaknya buat menoleransi berbagai situasi dan berbagai jenis manusia. Belajar itu tujuannya mostly untuk memuaskan curiosity (yang pas itu ga curious-curious amat juga) dan meminimalkan risiko remidi biar jadwal nyanyi dan berinteraksi sana sini tak terkurangi wkwk. Waktu profesi, I sang less sih, tapi apakah itu berarti saya jadi memprioritaskan per-koas-an dan mengabdikan hidup saya sepenuhnya untuk aktivitas pendidikan? Tentu tidak wkwkwk. Koas itu yang jadi prioritas saya adalah belajar gimana caranya survive in lyfe (in general, bukan lyfe sebagai koas aja) sebaik mungkin, sambil belajar. Gotta say saya (sedikit) lebih responsible sih belajarnya waktu koas karena sepertinya memang lebih merasakan urgensinya buat seriously immersed in the learning instead of being semi autopilot kaya waktu S1. Cuma ya.. gitu deh. Ada hal yang IMO biasa saya lakukan saat koas because I feel like that's what it should be done, tapi (sepertinya) ada dedek-dedek koas yang tidak melakukan itu and that's quite questionable for me, but we'll get to that later. 
Anyway. these are several things about students that.. when they do them, I kinda question... why? Why do they do such things? Gitu. Tapi again, ini opini pribadi ya. Mungkin sebenarnya they're actually the right/good things to do; sayanya aja yang konslet jadinya yang dikerjain malah beda :p


Ga baca teksbuk 
Mungkin karena saya merasa bahwa kalau nggak baca 'the whole story'nya saya bakal kesulitan ngapalinnya, jadinya waktu kuliah memang saya biasakan untuk baca teksbuk. I kinda enjoyed it karena rata-rata teksbuk 'baku' yang berasal dari penerbit-penerbit utama buku-buku kedokteran itu IMO memang sudah ditata biar (relatively) easy to read, baik dari lay out, chapter organization, sama sama 'storytelling'-nya. Biasanya tiap chapter tu kaya sudah ada template, kira-kira komponen topiknya apa saja. IMO dengan melihat struktur flow yang sama secara berulang-ulang ini, sedikit banyak jadi melatih buat berpikir secara urut, sistematis, dan relatif lebih kecil kemungkinan kelewatan sesuatu. Sense of required depth terkait penguasaan materinya juga terbentuk. Jadi, meskipun bahannya kaya buuuuwanyaaaaakk, after a while tu kaya sudah bisa mendeteksi dengan lebih cepat, "oh ini penting, baca yang bener dan diulang-ulang lagi sampai ngerti. oh ini ga penting, baca cepet-cepet biar sekedar tahu aja gapapa." Dengan ada sense itu, the feeling of being overwhelmed gegara materinya banyak itu relatif kecil. To some extent, baca teksbuk ini meningkatkan awareness dan acceptance bahwa materinya memang sebuwanyak itu dan there's just no humanly way possible that I will master of those.. jadinya ekspektasinya juga nggak muluk-muluk. Kaya.. kalau nilai masih jauh dari 100%, ya b aja karena ilmu dari bidang ini yang saya paham ya memang cuma nol koma nol nol nol sekian persen, jadi bisa dapat nilai ga nol koma nol nol nol sekian persen itu syuda berasa kaya apresiasi yang tinggi banget. Jadi nilaiku elek aku yo orak nanges wong ancene goblog.. Kaya.. hyowes sinau maneh, digenahke maneh. 
Saya kadang merasa, kalau mahasiswa itu nggak baca teksbuk dan fokus hanya di materi yang diberikan waktu kuliah, awareness dan keikhlasan bahwa beban hidup ini memang amat sangat berat jadi kurang optimal karena jadi ada delulu semacam, "ah gampang, materinya segini doang. Bisa lah guweh" Namanya delulu, kalau reality hits hard ya emang bakal jadi shattered into pieces. Misal, pas diterangin waktu kuliah kita ngerasanya ngerti. Terus yang dikeluarin pas ujian itu sebenarnya ya materi yang ada di kuliah, tapi 'tampilan'nya beda terus kita ga bisa jawab karena si 'tampilan baru' ini adalah makhluk lain yang tidak kita kenal, ya kaget lah ya kita.. Apalagi kalau yang ga bisa jawab itu ternyata banyak meskipun kita ngerasanya seluruh materi dari kuliah sudah kita kuasai. Wuih.. itu harga diri runtuhnya bisa warbiyasak dan the thoughts that "wah kok ternyata aku segini doang? wah kok aku nggak bisa apa-apa?" itu bisa annoyingly overwhelming. Nah tapi kalau baca teksbuk, at least in my case, I don't have that delulu jadi kalo nilainya jelek ya udah tinggal belajar lagi aja. Gosah nyediain energi ekstra buat memunguti harga diri yang berserakan dulu sebelum bisa mulai belajar lagi. Kalau saya sih ngerasanya mindset kaya gitu lebih hemat energi dan lebih efisien ya buat tuntutan medical lyfe yang sangat fast-paced ini. Ini kadang berhubungan juga dengan keheranan saya sama dedek-dedek mahasiswa yang kayanya punya aja waktu buat menghayati dramak sama mantemansnya karena kalo saya enggak karena mikirnya, "duh tanggungan sinau ijih akeh, sinau wae lah nek nganggur; rasah dramak." Hal lain terkait per-teksbuk-an yang sering saya batin juga adalah, saya tu dulu sudah baca teksbuk aja, pas koas itu tetep guuuoblooooggg dan kaya belajar dari awal lagi tiap masuk stase baru. Jadinya saya heran: anak-anak ini kok bisa ya nggak baca teksbuk tapi koasnya slamet? Apa jangan-jangan kekuatan doa ibu mungkin memang se-luar-biasa itu? 🤔


Ga mencermati panduan belajar yang ada di modul
Yang dibaca skenarionya doang. Sisanya nanya kating atau sen-nya yang kondisinya pas ngejalanin kuliah/stase belum tentu situasinya exactly sama ma yang lagi ongoing. Terus habis gitu di jalan berkali2 nanya pertanyaan yang sama yang takjawab dengan jawaban sama juga: "buku panduannya sudah dibaca dari depan sampai belakang?"; dan mereka jawab dengan jawaban sama: "maaf dokter *emot soneul mat ttae soneul mat ttae now make a wish*" *kok malah nyanyi
Yah. Although setelah baca modulnya, emang format dan komponen yang kurang seragam antar blok atau atau antar stase, serta kesesuaiannya dengan realita yang rendah.. mungkin emang bikin orang jadi males buat baca sih. Well things are gradually improving sih IMO, tapi gotta say emang masih banyak yang 'lolos' dari observesyen. Yah. PR buat dosennya juga si ini, but at leeeeaaasstt yang nggonku wis takediitt ben sejelas mungkin dan sesesuai mungkin sama realitaaakk jadi bacaoooo gaaaesss 😭 Biar ndang paham trus kelen efisiyen sat set dan ndang bisa fowkes sinau tanpa kakehan mikiri teknis2an gitu looo..


Ga suka ditanyain dan kalau maju ilmiah, pertanyaan yang diajukan oleh audience adalah pertanyaan scripted yang jawabannya sudah dia cari
Ini salah satu yang saya ga temuin pas kuliah tapi common banget di tempat saya ngasi kuliah dan sampe sekarang sy ga tau why it should be like this. I mean.. kalo kamu ga mau ditunjuk di mana ga bisanya, gimana kamu bisa improve? Pencitraan semua beres dan bisa jawab semua tapi aslinya masi bosok dan disentil reasoning dikit aja uda langsung ambyar itu buat apa benernya? Buat membiasakan hidup dalam ilusi terus kalo actually ngadepin realita langsung breakdown terus jadi pasien saya gitu? Wow kalian baik sekali ngasi saya kerjaan biar saya tak bosan tapi ga kelen kasi kerjaan pun saya jarang banget bosen si gaes benernya jadi kalo kelen gini tu selaen ga terlalu berguna buat saya, ga berguna buat kelen juga benernya 😒


Ga mau tanya kalau kuliah dan kaya takut ngajuin pertanyaan buat menstimulasi pembelajaran sendiri karena ga mau cape cari sendiri jawabannya
Kalau yang ini I'm still kinda able to rationalize something to solve it sih. I mean, buat orang yang naturally curious dan menikmati perjalanan buat cari jawaban kaya saya pun, simply feeding my curiosity aja kadang bisa melelahkan. Apalagi, kalau you're not curious in the first place. Ngeluarin energi biar curiosity bisa muncul aja mungkin sudah effort banget, harus dikasi makan pula curiosity-nya.. ya emang ngrepotin sih. Ya udah deh yang ini nggak saya ributin :p


Udah.
Sekian ngomel kali ini karena sepertinya waktu saya buat menghindar buat nggak ngerjain PR pelatihan DBT semakin berkurang tapi asembuh lah. Saya cukup yakin tulisan kali ini level nirfaedahnya lumayan tinggu, tapi ya jajal pikiren gaes. Lyfe as a doc itu tydack mudah. Nek modalmu minimalis gegara kamu mlz baca teksbuk dan males sinau, yang berpotensi susah tu uripmu ya, bukan uripku. Nek kamu ga mau latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tak terprediksi, ngko ditakoni cemmacem karo pasienmu, kelen kesulitan gaes karena kurang terlatih buat: 1) macak chill untuk ngadepinnya; 2) mengarang jawaban diplomatis secara kilat dalam rangka buying time buat kamu menggali storage memorimu yang lebih dalem atau mbukak medscape atau ngetik nggo takon chatgpt dkk. Akhirnya, jawabanmu mungkin jadi defensif atau muter2 gajelas blas atau kamu ngeblank ga jawab; either of those, selamat! Anda berhasil bikin pasien (semakin) trust issue ke Anda dan sistem kesehatan negara berflower yang sungguh penuh bunga-bunga warna-warni yang menakjubkan ini wkwkwk.

Uwis. Sekian terima gajinya masih tunggu berapa hari lagi sih benernya? kasih.


No comments:

Post a Comment