Disclaimer: I try to be as objective and as neutral as possible, tapi karena ini nulisnya ga pake SR + meta-analisis dulu dan mostly based on pengetahuan dan pengalaman guweh, jadi unsur subjektivitasnya pasti ada. So, kalau ada yang ngerasa ga cocok atau ga berkenan atau semacamnya, of kors sangat tidak apa2 karena pada titik ini aku sudah jadi anak 괜찮아 dan bukan anak ngamokan lageh.
Kayanya saya mau memulai pembahasan dengan membahas beberapa pernyataan yang banyak beredar di komen2 kali yak. Pernyataan pertama, bullying itu ada. Ini bener, memang ada. Terus kalau ada yang nyautin, "di tempat saya nggak ada tuh" ya itu bisa bener juga, tapi tidak otomatis membuat pernyataan yang pertama jadi salah. Selanjutnya ada yang bilang, "Sistem pendidikannya nggak bener ini" itu bisa jadi bener. Tapi ada juga yang bilang, "Yang salah itu kemenkes karena keenakan pake jasa residen secara gratis, jadi kemenkes juga benernya yang bikin sistem ini awet," kata saya si pernyataan itu juga bisa jadi ada benernya juga. Again, aku anak 괜찮아 jadi ya gimana dong ya..
Anyway. Long story short, seperti yang dibilang di sini, yang namanya perundungan itu multifaktorial, begitu juga depresi. Untuk hal2 yang multifaktorial, kalau menyikapinya secara sepotong2 dan dari satu pov aja tu memang sepertinya kurang pas ya.. So here I am, rambling dowo buat ngomenin secara semi2 holistik
Jadi from what I know, emang bener, tingkat stres dan depresi pada mahasiswa kedokteran itu relatif tinggi. Masalah akademik inevitably jadi salah satu stresornya, dan gotta say, ada cukup banyak stresor terkait akademik ini yang sebenarnya bisa dimitigasi dari sistem. Nggak usah yang berat2 macam zero bullying dulu deh. Dengan ngasih beban akademik yang SOPnya jelas dan well-written aja, itu kadang sudah mengurangi stresor mayan banyak. Saya bisa bilang gini karena saya pernah berada di lingkungan pendidikan S1 yang panduan belajar dan petunjuk praktikumnya jelas, format laporan praktikumnya jelas, dan kriteria penilaiannya jelas... dan pernah juga berada di lingkungan yang nggak kaya gitu, daaaan level capeknya BEDA.
Di lingkungan yang jelas, mahasiswanya bisa lebih fokus to just do it karena panduannya sudah langsung bisa ditindaklanjuti. Di lingkungan yang nggak jelas, mahasiswanya harus berulang kali nanya dulu, "eh bener gini ga si ngerjainnya?" ke temen karena dosennya belom tentu bisa langsung dijangkau
Nah buat dosen, punya panduan yang jelas dan well written (i.e. 'legally established') ini juga lebih efisien karena ga kebanyakan dramak akibat mahasiswa2 yang cari celah dari panduan yang ga jelas. Kalo ada mahasiswa yang protes, "kok gini Dok?" ya dijawab, "di panduannya gimana dek yang kemarin sudah kita bahas dan kita coba klarifikasi di awal? sudah dibaca apa belum panduannya? ada nggak di situ? ada? sudah sesuai nggak yang saya lakukan sama yang ada tu panduanmu? sudah? terus kalau saya sudah sesuai panduan, berarti yang bermasalah saya atau pertanyaanmu dek?" gitu. Jadi kalo buat saya pribadi, this is one thing that I try to apply, at least di kuliah2 yang saya pegang: ada panduan yang jelas. I give rewards untuk hal-hal yang mungkin ga ada di panduan, tapiiii saya menghindari banget untuk memberikan hukuman yang tidak ada di panduan. Kenapa? Ya simply put, kalo dikasi reward orang2 ga bakal protes; yang ada bakal seneng, jadi much less likely ada dramak. Tapiiii kalo namanya hukuman, mleset dikit aja yaaaa siap2 dramaknya panjang. Karena nonton drakor yang banyak orang cakepnya aja guweh mlz, ya saya mlz kuadrat lah kl keseringan terlibat di skenario drama kehidupan yang blas ga berurusan sama makhluk2 cakep... makanya panduannya sy bikin sejelas mungkin.
Oh iya. Urusan dokumen jelas ga jelas ini sepertinya fungsinya juga kaya ngasi batasan yang wujudnya lebih konkret antara yang bullying dan bukan bullying; pembelajaran dan yang bukan pembelajaran. Ini somehow related sama yang saya alamin pas jadi residen. Pas sy residen, kalo sy refleksi lagi di jaman now, sebenarnya ada hal2 yang ada nilai pembelajarannya yang bisa saya pake setelah masa kerja. Cumaaa karena ga ada panduan jelas terkait kompetensi yang harus dicapai kek gimana terkait hal itu, hasil kerja yang bagus dan ga bagus tu kek gimana; PLUS ga ada feedback yg konsisten pula dari yang lebih senior, kesannya ini jadi kaya membebani kita yang 'di bawah' ini dengan tugas-tugas mereka yang sebenarnya bukan tugas kita. Ditambah lagi, dengan adanya faktor SARA dan pengaruh pure blood, half blood, dan muggle yang justru lebih apparent saat mereka
Hal lain yang bisa saya pelajari terkait pendidikan kedokteran dari proses adulting saya yang berbasis ngurusin stres orang dan mberesin stres guweh sendiri itu setidaknya ada tiga poin sbb:
Pertama, kalo ga bisa mencapai tujuan dengan jalan di jalur yang lurus dan mulus, carilah jalur memutar yang mungkin lebih lamak gpp, tapi gosah terlalu banyak ngide buat babat alas dan keluar jalur karena itu jaaaaohhh lebih laaaamaa dan ga selalu worth it. In my case, karena salah satu mekanisme pembelaan ego yang sering saya pake adalah intelektualisasi, consciously training myself buat membiasakan cari jalan memutar ini somehow bikin saya jadi cenderung analitik dan teliti buat cari 'jalur yang memutar' itu. At the same time, adanya awareness bahwa namanya jalan memutar itu pasti energinya butuh lebih banyak daripada jalan yang lurus, I consciously train myself buat manage my energy dan memperkuat endurance lah yak, biar ga kehabisan energi pas masih berproses di jalur yang berputar ini. Jadi ya gapapa, I get there later, but I get there anyway. Gitu.
Nah kalau kaitannya sama stresor anak kedokteran dan terutama dalam konteks guweh jadi jiden senior atau dosen, jadinya (agak terkait sama babagan panduan yang jelas di atas), I try my best buat ga nyuruh2 junior/mahasiswa buat ngerjain hal-hal yang ga ada di panduan atau referensi, dalam rangka membantu jalur mereka biar lebih lurus dan ga terlalu berputar2. Selain mlz dramak, kalo buat saya, mbayangin orang lain lelah gegara saya tu kek additional mental burden tersendiri, jadi quite a no no.
Nah kalau kaitannya sama stresor anak kedokteran dan terutama dalam konteks guweh jadi jiden senior atau dosen, jadinya (agak terkait sama babagan panduan yang jelas di atas), I try my best buat ga nyuruh2 junior/mahasiswa buat ngerjain hal-hal yang ga ada di panduan atau referensi, dalam rangka membantu jalur mereka biar lebih lurus dan ga terlalu berputar2. Selain mlz dramak, kalo buat saya, mbayangin orang lain lelah gegara saya tu kek additional mental burden tersendiri, jadi quite a no no.
Kalau kaitannya sama kasus yang lagi rame ini, saya mikirnya, yang katanya perundungan pake mukul pake marah2 tu.. energi mental dan fisiknya seberapa banyak yak yang kepake buat aktivitas kaya gitu? Dalam pikiran saya, ini tu analoginya kaya yang tadi saya bilang keluar jalur sampe babat alas sembarangan itu lho.. which is capek, jaoh, dan ga selalu worth it. Padahal, kalo mungkin cari jalur yang sebatas muter aja buat cari kompetensi, ya energinya itu kan (mungkin) bisa dipake buat baca textbook lah, bikin artikel jurnal lah, latihan soal2 atau latihan OSCE lah... atau apa lah yang sejenis kek gitu. Jadi ya.. for me it's too bad that such things happen. Kalau kaya gitu (katanya) fungsinya dalam rangka melatih disiplin dan sebagai bentuk feedback atas performa junior/mahasiswa.. well. Kalau kata Prof dari Belanda yang ngomong pas saya ikot webinar kapan hari, feedback itu adalah sesuatu yang mendorong penerima feedback buat belajar. Kalau nggak bikin belajar dan malah meningkatkan reaksi menghindar, atau bahkan bikin trauma... ya perlu cautious bahwa itu mungkin memang sudah bukan feedback lagi, tapi bullying. Soalnya kata beliau juga, feedback lebih bisa mendorong pembelajaran kalo diberikan di setting yang 'psychologically safe', jadinya orang bisa fokus sama feedback terkait performanya yang kurang dan ga terlalu distracted sama upayanya buat distress tolerance dalam proses menerima feedback itu. Riset tentang depresi juga bilangnya (kalo saya ga salah paham yes), orang yang sering ngalamin trauma itu hipokampusnya mengkeret jadinya kapasitas buat konsolidasi short term memory jadi long term memory itu terganggu. Akhirnya apa yang terjadi sodarasodaraaa? Orangnya kalo dikasi ilmu ya susah menginternalisasinya. Inget pas mau ujian atau pas ditanyain senior, tapi habes gitu lupak soalnya konsolidasinya ga jalan itu. Akhirnya ntar jadi dokter beneran pas praktik sendiri, masih bingung2. Yang rugi siapa? Pasien yang dia tangani karena penanganannya jadi ga optimal. BPJS juga rugi karena (mungkin) jadi banyak ineficient procedures dan bikin biaya kesehatan naik. Institusi juga rugi kalo ndilalahnya penanganan yang ga optimal ini menyebabkan ada litigation yang... you know litigation lah, mbulet wkwk. Jadinya, marah2in juniornya pake fisik dan hukuman2 gajelas? Jangan yha dek yhaaaaa
Kedua, berjuanglah dengan pantang menyerah, tapi tahulah juga kapan harus berhenti. Berhenti itu bukan berarti menyerah, tapi artinya kamu being open to choosing to fight in a different way, and that's totally okay. Jadinyaaa kalo buat saya, misal ada orang yang uda masuk PPDS terus di tengah jalan dia memutuskan berhenti dengan alasan apapun, kayanya terlalu naif dan judgemental kalau kemudian itu dianggap lemah. I mean, penelitian yang paling bagus sekalipun, keterbatasannya itu pasti ada, i.e. kebenarannya itu nggak mutlak. Po maneeeeh kita yang ga actually walking with the shoes of orang yang ngambil keputusan; yang belum tentu pernah ketemu dan dapet berita tentang alasan seseorang untuk stop ikot PPDS tu dari katanya2 doang. Ke-valid-an judgement kita itu jadinya sangat questionable lah ya.. Jadi kalau ada yang sampai yakin baaaangeeettt bahwa pendapatnya bener padahal belom penelitian secara holistik dan foul-proof, tolong haloperidolnya diminum yang rutin ya. Kalau sulit minum rutin, injeksi fluphenazine dekanoat tiap bulan diusahakan jangan sampai skip, oke?
Terus glorifikasi "saya dulu juga gitu, saya bisa kenapa kamu enggak?" itu juga kalo kata saya kurang tepat karena that is so last century dan sekarang tu yang bener adalah "kalau orang lain bisa, kenapa harus saya?" situasi jaman old sama jaman now beda. Paling simple aja, jaman old mungkin eloh mau prosedur ngapa2in gosah banyak mikir mau nyortir mana yang ditanggung BPJS mana yang enggak, tinggal consent pasien aja, whether they're taking it or they're leaving it; Sekarang, harus mikir. Jaman old, waktu kelen ga lagi jaga, yang bisa ganggu tidur malem kelen tu paling telpon sesekali dari temen yang mungkin minta back up atau IGD. Jaman now, ngecek atau nyimak cetangceting WA grup temen yang panik karena ada yang dimarahin konsulen, grup laen lagi yang lagi jadi panitia sesuatuk, grup lainnya lagi yang ada senior marah2, grup arisan kampung, grup wali kelas yang nanya besok tugasnya anaknya apa aja... itu udah butuh waktu dan jadi beban tersendiri; jadi ya ga sama. Jaman old, referensi dan tuntutan publikasi ga sebanyak sekarang, jadi yang namanya tugas referat jaman old mungkin lebih santuy karena gosah nyortir dan memformulasikan dari banyak sumber. Trus mungkin dulu ga dikejar2 mbikinin tugas publikasi konsulen/seniornya karena ya dulu ga ada yang harus ngejar sinta score, ngejar publish di jurnal yang impact factor-nya tinggi, atau (yang sekarang lagi hits) ngejar banget jadi pembicara di acara ilmiah biar SKPnya banyak. Sekarang, ya gitu lah 😶 Jaman old, penduduk ga sebanyak sekarang dan literasi kesehatan mungkin masih lebih rendah dari sekarang, jadi case load mungkin juga ga segila sekarang. Jadi ya.. again, kalo mau bikin kesimpulan terkait harusnya bisa/nggak bisa atau lemah/nggak lemahnya seseorang, ada baiknya emang lihat berbagai pov dulu dan masukin kata "disclaimer" atau "caution" atau "keterbatasan" di kesimpulan itu, biar ga malah waham.
Ketiga, kaya kata Jewel di lagu Hands: in the end, only kindness matters. Jadinya meskipun gawan bayiknya aku ngamokan dan mukak guweh kalo ga dikondisikan itu akan cukup mudah untuk jadi muka RBF, I always try to put kindness as one of my highest values because that's what makes me feel like human. Lu mau beragama sebagus apa, ga bisa kalo you're not being human karena konsep agama itu adalah konsep higher function yang cuma human yang punya, bukan makhluk lainnya. Makanya (kalo kata saya), bisa jadi itulah alasan kenapa orang2 yang beragama tetap melakukan hal2 yang 'incomprehensible': karena dia pegang nilai agama doang tapi ga pegang nilai yang lebih luhur lagi, which is humanity yang (kalo sepemahaman saya) termasuk kindness itu. Lu mau jadi dokter sebagus dan sekompeten apapun, ya gabisa kalo lu bukan manusia karena yang bisa daftar fakultas kedokteran cuma manusia; kirik ga bisa, kocheng ga bisa. Jadi ya.. let's make sure we're real humans inside out first before we proclaim ourselves as doctors. Kalau human-nya wujudnya doang tapi dalemnya enggak, artinya manusia jadi2an, jadi tolong, tahan diri dulu buat nyebut diri sebagai dokter dan lebih fair aja nyebut diri sendiri sebagai "cash machine" kek, atau "anger machine" kek atau apa. Tujuannya biar kelen yang jadi2an dan kami yang beneran tu sama2 ga krisis identitas dan malah bikin trust issue di masyarakat gitu lho..
Udah. Kayanya itu. Sekian (another) rambling nirfaedah siang ini; kita kembali ke daftar apdet kambek kpop terbaru 😎
No comments:
Post a Comment